Sedikit Mengingat, dan Sedikit Bercerita


Mohon maaf lahirdan batin ya nek, kek. Maaf, saya telat sungkem. Semenjak kemarin saya sakit.
                Tak seperti lebaran tahun-tahunsebelumnya. Lebaran tahun ini, saya agak terlambat sungkem ke rumah nenek dankakek. Hal itu di karenakan saya jatuh sakit sejak malam takbir yang lalu.Namun, selepas badan sudah mendingan saya bergegas untuk datang ke rumah kakekdan nenek. Di rumah nenek masih saja ramai dengan orang-orang yang sedangbermaaf-maafan. Paman dan bibi hampir semua kumpul. Saya sudah lama tak merasakannuansa seperti ini. Karena memang saya terlalu jarang mudik ke kampung halaman.Apalagi ketempat nenek, dapat di pastikan sangat jarang. Padahal, konon katanyadi tempat nenek inilah saya di lahirkan. 
                Kakek dan nenek adalah orang tuadari ibu saya. Sedangkan orang tua bapak, kedua-duanya sudah meninggal dunia,saat saya masih sekitar 9tahunan. Jadi, pada kedua orang tua dari ibulah sayaselalu menghaturkan rindu. Dan sekedar merepotkan saja. 
                Ada yang tak hilang darikebiasaan nenek di saat lebaran. Mulai dari saya kecil, jika waktu lebarannenek dan kakek selalu tak lupa untuk memberi saya uang (sangu dalam bahasajawa). Hal itu berkelanjutan hingga sekarang, sesungguhnya saya sudah malu.Mengingat usia sudah berkepala 2. Pernah saya menolaknya, namun nenek selalumenyelempitkan begitu saja di saku baju saya. Sesungguhnya hal itu sulit sayaterima, mengingat kakek dan nenek sudah sangat tua. Saya tau, saya paham, usiamereka sudah sangat tua. Untuk mencari ekonomi pun semakin melemah.
                Nenek dan kekek hanya tinggalserumah dengan anaknya yang terakhir. Itupun paman saya yang sudah berkeluargadan mempunyai seorang anak laki-laki yang masih umur sekitar 5 tahun. Danpamanlah yang membantu kakek dan nenek. Saya mengenal kakek dan nenek adalahorang yang sangat perhatian terhadap anak dan cucunya. Pernah suatu saat,ketika saya sedang terkapar di rumah sakit karena terserang penyakit tipusnenek dan kakek rela menemani sampai saya sembuh dan dapat di bawa pulang. Takhanya kepada saya saja, akan tetapi hal tersebut di wujudkan kepada setiapkeluarganya.
                Saya masih suka mengingat. Waktudulu, dulu sekali, sampai saya lupa kapan dulunya. Yang jelas saat masih sayaduduk di bangku kelas Sekolah Dasar. Jika waktu jam istirahat saya sering kerumah nenek untuk sekedar makan. Jam pulang pun begitu, saya selalu ke rumahnenek untuk menunggu jemputan dari ibu atau bapak. Mengingat, rumah saya dantempat dimana saya disekolahkan lumayan agak jauh. Dan di tempat dimna sayadisekolahkan kebetulan sangat dekat dengan rumah nenek. Maka dari itulah saatitu saya sering ke rumah nenek. Namun semenjak saya duduk di bangku sekolahmenengah, saya malah jarang sekali ke rumah nenek. Barangkali, saya memangcucunya yang kurang beneh. Tapi, semua memaklumi hal itu kok.
                Dan sekarang waktu terusmengalir dengan deras. Banyak perubahan dalam diri dan kehidupan saya. Semenjaksaya nguliah di kota Jember, saya sangat jarang kerumah nenek. Bahkan pulangkampung pun sangat jarang sekali. Apalagi ke rumah nenek. Barangkali hanya saatlebaran ini, saya dapat berjumpa dengan saudara-saudara. Tak ada yang dapatsaya ucapkan, selain kata yang tulus “Mohon maaf lahir dan batin”. Kata seorangkawan “tak ada satupun pengembara yang tak rindu kampung halamannya”.  
               
Iklan

4 responses to “Sedikit Mengingat, dan Sedikit Bercerita

  1. Terimakasih telah mampir mas Jhon Terro

  2. sama2 om 🙂
    semoga perjalinan ini tidak berhenti di sini

  3. tp masih enak ketemu kakek dan nenek, aku entah udah berapa lebaran gak mudik2 hehe
    Mohon maaf lahir dan batin jg ya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s