Fesbookan; sambil menulis saja.


Tak dapat diganggugugat di seluruh penjuru dunia sudah tak asing lagi dengan yang namanya facebook. Mulai dari kaum muda sampai pula yang tua, dari pengguna juga sampai pada yang hanya sekedar pernah mendengar namanya saja. Situs jejaring sosial ini, di ciptakan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard University. Awal mula facebook, hanya di gunakan untuk wilayah kampusnya saja. Tapi, dewasa kini facebook dapat di gunakan di hampir penjuru dunia.

“hanya bikin hiburan saja mas, untuk melepas kepenatan”. Cetus Dian (bukan nama asli) saat di hubungi via chat facebook.

Beberapa tampilan sudah tersedia, para pengguna bisa menggunakan selayaknya. Akun facebook boleh di bilang cukup unik, bahkan pengguna bisa memolah nama pada setiap akunnya. Tak sedikit para pengguna facebook tidak menggunakan nama aslinya. Begitu pesatnya lajur dunia internet, sehingga mau tak mau masyarakat harus mampu memilah dan memilih mana yang dapat membawa manfaat.

Tampilan facebook banyak pilihan. Ada juga ruang untuk mengunggah photo, menulis status, cantuman kekerabatan, bahkan status hubungan (lajang, menikah berpacaran) dan sebagainya. Pembuatan group juga banyak di ketemukan. Sering di bincangkan, facebook di sinyalir dapat mengetahui karakter seseorang pengguna. Bisa di lihat pada updatean status mereka, mulai dari yang sedang kasmaraan, putus cinta, kecewa, bahagia dan masih banyak lagi yang lainnya. Kadang seseorang pengguna facebook, secara sadar atau tidak melampiaskan unek-uneknya di dunia nyata pada setiap update statusnya.

Memang sering kita jumpai, akun facebook di gunakan bukan untuk personal saja. Untuk akun sebuah komunitas misalnya, yang sebagaimana dengan bertujuan agar mempermudah mengkoordinir dan enak berkomunikasi. Tak dapat di pungkiri jejaring sosial yang satu ini (baca;facebook) menimbulkan pro nan kontra. Ini tak lepas dengan semakin maraknya kejahatan yang di sebabkan para oknum yang tidak bertanggung jawab. Di lain sisi, memang facebook sangatlah riskan, apalagi jika pengguna tak menggunakan dengan semestinya maka akan mengakibatkan mala petaka. Di samping itu facebook dapat mempermudah komunikasi dengan keluarga meskipun jarak sangat jauh.

“Saya asli Palembang, sekarang bertempat tinggal di Jember, dengan adanya facebook saya dapat berkomunikasi dengan keluarga saya yang ada di Palembang”. Ucap Dani, salah satu penguna facebook.

Di tempat lain, Cak fatah juga ingin berkomentar tentang jejaring sosial facebook ini.

“Di facebook tak mengenal pertemanan jarak dan waktu, persaudaraan sering juga timbul dari facebook. Berkarya lewat facebook pun juga bisa kok”. Tulis Fatah, via Obrolan facebook.

Positiv dan negativ memang tak bisa di pisahkan. Pada facebook pula dapat kita temukan hal positiv dan negativ.

“Positif dan negatifnya sesuatu itu tergantung pada pelaku, jika menggunakannya positif maka hasilnyapun akan positif, bahkan sebaliknya”. Imbuh Cak Fatah, pengguna facebook.

Nah, facebook juga dapat kita gunakan sebagai sarana untuk berkarya. Banyak juga informasi yang didapat dari fecbook. Lomba karya tulisan dan lain sebagainya. Indonesia tercatat pengguna terbesar ke 2 di dunia setelah A.S. Dalam catatan firma strategi marketing Candytech baru-baru ini, pengguna Facebook asal Indonesia hampir mencapai 34 juta, tepatnya 33.920.020 anggota. (VIVAnews.com ,14 januari 2011).

Anda bisa menulis juga di facebook. Kolom catatan telah tersedia. Yang tak dapat di simpulkan pada fecebook ialah, saat anda login pada akun anda, tampilan pertanyaan operator facebook yang berbunyi “Apa yang anda pikirkan”. Belum sempat terjawab.

Mei 2011.

Gambar dari;Google

Iklan

4 responses to “Fesbookan; sambil menulis saja.

  1. Kreativitas menulis di facebook baguslah … idenya … tapi kok dari komentar teman-teman saya banyak yang bilang : “main facebook kok mulai membosankan” 🙂 butuh yang baru … tapi dalam waktu dekat belum ada yang mau menutup facebook jadi artikel masih relevan 🙂

  2. Facebook banyak manfaatnya kalau kita mau menggalinya. saya sepakat dengan gagasan anda. Memanfaatkan fecebook untuk belajar menulis.
    Trims dan salam kenal.

  3. @iniunik, sesuai apa yang telah di katakan di atas, seharusnya facebook tak lagi buat aktifitas waktu yang senggang.

  4. Mas Sugiarto; Salam kenal juga mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s